Thursday, February 26, 2015

Gelang Indah Berhias Bandul



Gelang Indah Berhias Bandul
Kalung merupakan perhiasan yang penting dalam upacara pernikahan, ada beberapa cara membuat gelang berhias bandul. Dalam kultur masyarakat Indonesia sendiri sebuah pernikahan adalah hal yang paling ditunggu oleh seluruh keluarga besar. Penyatuan dua insan manusia yang berbeda dalam satu ikatan suci, selain itu juga penyatuan dua keluarga besar masing-masing pengantin. Sebuah pernikahan khususnya di Indonesia sendiri selalu diselenggarakan dengan sebuah pesta baik secara besar maupun secara sederhana dan kecil. Oleh sebab itu, dalam acara sakral penuh makna tersebut sudah menjadi suatu keharusan bahwa setiap orang harus mengenakan busana terbaik mereka, perhiasan terbaik dan juga berdandan secara istimewa. Selain sang pengantin tentu saja penampilan mempelai wanita sangat diperhatikan bterutama urusan perhiasan yang dikenakan.


Cara membuat gelang berhias bandul
Untuk seorang perempuan pasti akan menyukai semua jenis perhiasan dan terutama jenis perhiasan gelang. Bagi mempelai perempuan yang ingin terlihat cantik dan juga manis dalam acara sakral pernikahan pasti akan memilih perhiasan yang sesuai. Tak mungkin bagi mereka jika harus tampil polos terutama untuk daerah pergelangan tangan, apalagi jika menggunakan gaun pengantin yang memperlihatkan lengan. Salah satu gelang yang sering digunkan adalah gelang berhias bandul dengan ditambah rantai perpanjangan. Bisanya jeni rantai untuk perpanjangan tergolong bebas mulai dari perak hingga rantai perak perlapis emas. 


Gelang berhias bandul
Gelang berhias bandul

Gelang berhias bandul
Gelang berhias bandul

Gelang berhias bandul
Gelang berhias bandul

Gelang berhias bandul
Gelang berhias bandul

Gelang berhias bandul
Gelang berhias bandul

Gelang berhias bandul
Gelang berhias bandul


Rantai perpanjangan digunakan untuk memberikan alternative panjang pada rangkain gelang berhias bandul. Panjang rantai tergantung oleh sang pembuat terutama di sini bagi sang pempelai wanit, biasanya berukuran 3 cm hingga 10 cm. Jenis rantai yang digunakan bebas sesuai selera dan yang peling utama adalah cukup kuat untuk menahan beban rangkaian. Rantai perpanjangan pada perhiasan pada umumnya berbentuk sangat sederhana namun bagi perhiasan pengantin biasanya akan ditambah bandul dan akan menjadi gelang berhiasan bandul. 

Untuk material rantai perpanjangan gelang berhias bandul adalah manik-manik yang senada dengan manik perhiasan lainnya yang digunakan. Kedua adalah head pin yang jumlah bandulnya tergantung pada seberapa mata rantai dan seberapa banyak bandul yang diinginkan. Misalnya jumlah mata rantai 10 maka bisa dipasangkan 10 bandul berselang seling kiri dan kanan atau hanya 5 bandul dipasangkan pada setiap mata rantai ke dua. Alat yang digunkan untuk membuat gelang tersebut adalah round nose plier, chain nose plier, dan wire cutter.

Cara membuat gelang berhias bandul pertama adalah buat bandul dengan menggunakan loop sederhana ataupun loop lilit dan mencantelkan pada mata rantai paling bawah. Kedua buat bandul yang lain dengan teknik yang sama, cantelkan pada mata rantai berikutnya ataupun pada mata rantai sesudahnya. Terakhir jika pemasangan sebaiknya dibuat berselang-seling.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Gelang Indah Berhias Bandul

0 comments:

Post a Comment