Monday, March 9, 2015

Simpul-simpul dalam membuat Perhiasan : simpul overhand dan simpul square



Simpul-simpul dalam membuat Perhiasan : simpul overhand dan simpul square
Beberapa jenis simpul yang dipergunakan untuk perhiasan antara lain simpul overhand dan simpul square. Pernikahan adalah sebuah penyatuan dua insan manusia yang berbeda dalam satu ikatan suci, selain itu juga penyatuan dua keluarga besar masing-masing pengantin. Sebuah pernikahan khususnya di Indonesia sendiri selalu diselenggarakan dengan sebuah pesta baik secara besar maupun secara sederhana dan kecil. Oleh sebab itu, dalam acara sakral penuh makna tersebut sudah menjadi suatu keharusan bahwa setiap orang harus mengenakan busana terbaik mereka, perhiasan terbaik dan juga berdandan secara istimewa. Selain sang pengantin tentu saja penampilan mempelai wanita sangat diperhatikan terutama urusan perhiasan yang dikenakan.
Bagi mempelai perempuan yang ingin terlihat cantik dan juga manis dalam acara sakral pernikahan pasti akan memilih perhiasan yang sesuai. Salah satu cara untuk mendapatkan perhiasan yang baik dan sesuai dengan selera adalah membuat perhiasan sendiri. Ada beberapa jenis simpul yang dapat digunakan untuk membuat perhiasan yaitu simpul overhand, simpul square, simpul double square, lark’s head knot, dan slip stich,. Salah satu simpul yang paling umum  digunakan untuk membuat perhiasan seperti gelang atau kalung adalah simpul overhand dan simpul square.


Simpul overhand
Disebutkan simpul overhand karena cara paling mudah membuat simpul ini adalah dengan cara melilitkan tali pada jari. Digunakan pada ujung tali atau untuk mamberi batas pada manik-manik. Ada dua tahap cara yang digunakan untuk membuat simpul overhand. Tahap pertama, buat lingkaran pada tali dengan posisi ujung tali berada di atas. Tahap kedua, bawa ujung tali memasuki lingkaran melewati bagian atas loop lalu eratkan. 
 
Simpul overhand
Simpul overhand


Simpul square
Pada umumnya simpul square digunkaan untuk menyelesaikan rangkaian pada tali elastic. Merupakan simpul yang paling kuat dan paling mudah. Ada empat tahapan cara yang dilakukan untuk membuat simpul square. Tahap pertama, tempatkan kedua ujung tali menyilang dengan posisi tali  tangan kanan di atas tali tangan kiri. Tahap kedua, bawa tali di tangan kanan memutari tali di tangan kiri sehingga posisi tali di tangan kanan menjadi di sebelah kiri dan sebaliknya. Tahap ketiga, pertemukan kembali kedua tali yang sekarang sudah berpindah tangan dengan posisi tali di tangan kiri berada di atas tali di tangan kanan. Tahap keempat, bawa tali di tangan kiri memutari tali di tangan kanan, tarik hingga membentuk simpul yang saling mengikat. Setelah keempat tahap selesai maka terbentuklah simpul square  

Simpul square
Simpul square

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Simpul-simpul dalam membuat Perhiasan : simpul overhand dan simpul square

0 comments:

Post a Comment