Monday, March 9, 2015

Perhiasan dari Perangkai Tali Sutra



Perhiasan dari Perangkai Tali Sutra
Bahan perangkai tali sutra dapat digunakan untuk menghubungkan rangkaian dengan clasp tanpa bead tip, dan memberi jarak antar manik-manik. Pernikahan merupakan penyatuan dua insan manusia yang berbeda dalam satu ikatan suci, selain itu juga penyatuan dua keluarga besar masing-masing pengantin. Tentu saja penampilan mempelai wanita sangat diperhatikan terutama urusan perhiasan yang dikenakan. Bagi mempelai perempuan yang ingin terlihat cantik dan juga manis dalam acara sakral pernikahan pasti akan memilih perhiasan yang sesuai.
Salah satu cara untuk mendapatkan perhiasan yang baik dan sesuai dengan selera adalah membuat perhiasan sendiri. Ada beberapa jenis perngkai yang sering digunakan seperti kawat, rantai, tali nylon, bahkan tali dari sutra. Salah satu bahan perangkai yang paling umum  digunakan untuk membuat perhiasan adalah perangkai tali sutra. Ada beberapa teknik dengan menggunakan bahan perangkai tali sutra yaitu menghubungkan rangkaian dengan clasp tanpa bead tip dan memberi jarak antar manik-manik. Ada dua teknik merangkai dengan menggunakan benang sutra, yaitu tanpa ikatan antara manik-manik dan rangkaian dengan ikatan antara manik-manik.
Menghubungkan rangkaian dengan clasp tanpa bead tip
Untuk menghubungkan rangkai dengan clasp tanpa bead tip dapat melakukan 9 langkah berikut.
Langkah pertama sisihkan 6 manik-manik yang akan dipergunakan di ujung rangkaian, bila perlu besarkan lubang manik-manik dengan menggunakan jarum, karena manik-manik harus dapat dilalui benang dan jarum 2 kali.
Langkah kedua, bila menggunakan 2 tali posisikan jarum di tengah panjang benang.
Langkah ketiga, lakukan slip stich pada ujung tanpa jarum.
Langkah keempat, masukan 3 manik-manik ujung tali.
Langkah kelima, lanjutkan dengan clasp, lakukan lark’s head knot pada penutup kalung dan rapatkan, bila perlu lakukan diatasnya overhand knot.
Langkah keenam, masukan jarum dan benang pada manik terdekat kemuadian tarik tali keluar sepenuhnya dari manik pertama.
Langkah selanjutnya, buat overhand knot dengan mengilingi tali yang sudah ada dari sebelah kanan ke belakang dan memasuki loop dari arah bawah ke atas, eratkan dan dorong simpul dengan menggunakan pingset sedekat mungkin ke arah manik mutiara.
Langkah kedelapan, masukan tali dan benag ke manik ke 2, lakukan simpul overhead arah yang sama lanjutkan dengan manik ke 3 ditutup dengan simpul overhand lagi.
Langkah terakhir, potong sisa tali dan bubuhi lem pada simpul.
Memberi jarak antar manik-manik
Cara untuk memberi jarak antar manik-manik terdapat tiga tahap. Pertama, pada setiap penambahan 1 manik-manik lakukan simpul overhand sebagai pengikat. Kedua, posisikan pinset pada depan manik lilitkan tali kemudian tarik tali hingga ikatan mengikat pingset. Terakhir, kuatkan ikatan dan tarik pinset keluar dan tekan simpul ke arah manik-manik

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perhiasan dari Perangkai Tali Sutra

0 comments:

Post a Comment