Skip to main content

Kuarsa Kriptokristalin dan Jenisnya di Dunia

Kuarsa Kriptokristalin dan Jenisnya di Dunia
Kuarsa kriptokristalin (cryptocrystalline quartz) merupakan satu dari varietas utama keluarga batu mulia kuarsa dan sering ditemui. Di antara beribu-ribu jenis mineral yang terserak di bumi, hanya ada beberapa ratus yang tergolong jenis yang langka, tahan lama, dan juga indah atau malah memiliki kombinasi dari ketiga unsure tersebut sehingga harganya menjadi mahal. Dahulu mineral-mineral tersebut dibedakan menjadi dua macam yaitu batu mulia (precious stones) seperti berlian, miraah, dan zamrud dan juga batu mulia tanggung (semi-precious stones) seperti biduri bulan, zircon, dan akik. Sebetulnya pembedaan seperti ini tidak niscaya dibutuhkan karena pada umumnya mineral relative memiliki kualitas keindahan dan daya tahan tinggi, serta dapat dipakai sebagai perhiasan yang disebut permata (gemstones). Selain kuarsa kristalin jenis utama kuarsa lainnya adalah kuarsa kriptokristalin (cryptocrystalline quartz).

Kuarsa Kriptokristalin dan Jenisnya di Dunia
Kuarsa Kriptokristalin dan Jenisnya di Dunia

Kuarsa Kriptokristalin dan Jenisnya di Dunia
Kuarsa Kriptokristalin dan Jenisnya di Dunia

Kuarsa Kriptokristalin dan Jenisnya di Dunia
Kuarsa Kriptokristalin dan Jenisnya di Dunia

Kuarsa kriptokristalin (cryptocrystalline quartz)
Kuarsa kriptokristalin merupakan kelompok kuarsa dengan Kristal-kristal yang berukuran miskroskopik, tersusun dari Kristal-kristal tunggal yang sangat halus sehingga tidak dapat dikenali tanpa bantuan mikroskop sehingga biasanya pekat dan tidak tembus cahaya. Kelompok kuarsa ini hadir dalam warna-warni dan pola-pola yang beraneka dengan varietas yang dapat dibedakan menjadi dua tipe yakni berserat (fibrous) dan mikrogranular (microgranular). Beberapa varietas kuarsa kriptokristalin telah banyak dikenal dan popular entah sebagai batu hias atau batu mulia.
·         Kalsedon (chalcedony) adalah kuarsa kriptokristalin yang tembus cahaya atau semi tembus cahaya yang mungkin berpola (akik) atau berwarna seragam (biru, hijau, merah jambu, hitam, putih, abu-abu kebiruan).
·         Akik (agate) dibedakan ke dalam banyak tipe umum bahkan sering kali dengan nama-nama local. Akik adalah batu kalsedon yang menampakkan pola-pola warna yang luar biasa pada umumnya berupa formasi garis-garis lengkung baik beraturan maupun tidak.
·         Akik api (fire agate) adalah kolsedon yang mengandung lapisan-lapisan inklusi tipis limonit (limonite) atau goetit (goethite) yang memberikannya warna-warni yang khas bagaikan lidah api jika dipotong secara tepat hingga hanya tersisa lapisan pelindung tipis kalsedon di atas inklusi-inklusinya.
·         Batu darah (bloodstone) disebut juga heliotrope merupakan jenis kalsedon hijau tua kehitaman atau jesper dengan bercak merah.
·         Karnelia (carnelian atau cornelian) adalah kolsedon merah-kecoklatan. Pada masa Romawi Kuno batu ini sering dipakai sebagai cameo dan intaglio.
·         Oniks (onyx) adalah sebuah istilah umum untuk merajuk pada batu kalsedon hitam sempurna, walau istilah ini juga dipakai untuk menamakan kalsedon dengan warna-warna yang lain. Untuk lebih tepatnya oniks merupakan batu akik hitam yang berpita-pita lurus dan sejajar dengan warna berselang-seling yang di masa lampau sering dimanfaatkan untuk membuat cameo.
·         Jasper atau japis (bahasa Yunani iaspis ‘yang berbintik’) berkebalikan dengan kolsedon merupakan sejenis kuarsa kriptokristalin yang pekat dn lebih kasar uratnya.


Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Gelang Mutiara Bermanik Ceko dan Swarovski

Cara Membuat Gelang Mutiara Bermanik Ceko dan Swarovski Perhiasan merupakan salah satu yang wajib dikenakan oleh pengantin wanita dalam upacara pernikahan salah satunya adalah gelang mutiara dengan manik ceko dan manik Swarovski . Pernikahan merupakan penyatuan dua insan manusia yang berbeda dalam satu ikatan suci, selain itu juga penyatuan dua keluarga besar masing-masing pengantin. Sebuah pernikahan khususnya di Indonesia sendiri selalu diselenggarakan dengan sebuah pesta baik secara besar maupun secara sederhana dan kecil. Oleh sebab itu, dalam acara sakral penuh makna tersebut sudah menjadi suatu keharusan bahwa setiap orang harus mengenakan busana terbaik mereka, perhiasan terbaik dan juga berdandan secara istimewa. 

Menentukan Ukuran Kalung dan Gelang Ideal

Menentukan Kalung dan Gelang Ideal Gelang dan kalung merupakan perhiasan yang penting dalam upacara pernikahan, ada beberapa cara menentukan kalung dan gelang. Dalam kultur masyarakat Indonesia sendiri sebuah pernikahan adalah hal yang paling ditunggu oleh seluruh keluarga besar. Penyatuan dua insan manusia yang berbeda dalam satu ikatan suci, selain itu juga penyatuan dua keluarga besar masing-masing pengantin. Sebuah pernikahan khususnya di Indonesia sendiri selalu diselenggarakan dengan sebuah pesta baik secara besar maupun secara sederhana dan kecil. Oleh sebab itu, dalam acara sakral penuh makna tersebut sudah menjadi suatu keharusan bahwa setiap orang harus mengenakan busana terbaik mereka, perhiasan terbaik dan juga berdandan secara istimewa. Selain sang pengantin tentu saja penampilan mempelai wanita sangat diperhatikan bterutama urusan perhiasan yang dikenakan.
Cara menentukan kalung dan gelang yang tepat Sang mempelai wanita pasti ingin dipuji oleh banyak orang pada hari sakral…

Mudahnya Membuat Kalung Mutiara Tumpuk

Mudahnya Membuat Kalung Mutiara Tumpuk Perhiasan yang sering digunakan adalah kalung, salah satu dari beberapa kalung tersebut terbuat dari bahan dasar seperti mutiara dan contoh kalung yang terbuat dari mutira adalah kalung mutiara tumpuk. Salah satu pendukung keindahan dan kecantikan seorang perempuan adalah perhiasan. Rasanya ada yang kurang jika perempuan tampil apa adanya tanpa ditemani perhiasan. Dapat dilihat bahwa hampir di setiap kesempatan, perhiasan tidak dapat dipisahkan dari kaum hawa. Memamng perhiasan yang terdiri atas kalung, gelang, anting, cincin, ataupun ikat pinggang dapat membuat penampilan menjadi modis dan menarik. Kepercayaan diri pun akan bertambah dengan hiasan yang dapat mempercantik diri. Di pasaran tersedia beragam desai perhiasan. Bahkan desainnya juga beragam seperti manik, mutiara, Kristal, perak, dan emas dari yang imitasi sampai yang asli. Oleh sebab itu tidak heran jika untuk tampil chic, harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Di pasaran banyak pe…