Thursday, February 26, 2015

Kuatnya Tali Sutra



Kuatnya Tali Sutra
Salah satu bahan perangkai yang sering digunakan adalah perangkai dengan menggunkan perangkai tali sutra. Dalam kultur masyarakat Indonesia sendiri sebuah pernikahan adalah hal yang paling ditunggu oleh seluruh keluarga besar. Penyatuan dua insan manusia yang berbeda dalam satu ikatan suci, selain itu juga penyatuan dua keluarga besar masing-masing pengantin. Sebuah pernikahan khususnya di Indonesia sendiri selalu diselenggarakan dengan sebuah pesta baik secara besar maupun secara sederhana dan kecil. Oleh sebab itu, dalam acara sakral penuh makna tersebut sudah menjadi suatu keharusan bahwa setiap orang harus mengenakan busana terbaik mereka, perhiasan terbaik dan juga berdandan secara istimewa. Selain sang pengantin tentu saja penampilan mempelai wanita sangat diperhatikan bterutama urusan perhiasan yang dikenakan.
 
Tali Sutra
Tali Sutra

Tali Sutra
Tali Sutra

Tali Sutra
Tali Sutra

Perhiasan dengan bahan perangkai tali sutra
Untuk seorang perempuan pasti akan menyukai semua jenis perhiasan dan juga semua bahan perangkainya asal tetap terlihat indah dan menarik. Bagi mempelai perempuan yang ingin terlihat cantik dan juga manis dalam acara sakral pernikahan pasti akan memilih perhiasan yang sesuai. Bahan perangkai tali sutra lebih mudah untuk dirangkai walaupun kadang mungkin lebih sulit untuk didapatkan atau lebih mahal. Namun peminat bahan perangkai ini cukup banyak dan juga bahan ini tergolong lebih lembut dan tahan lama. Perangkai tali sutra didapat dari kepompong ulat sutra yang dipanaskan dan kemudian menghasilkan serat-serat yang dapat dipintal menjadi benang ataupun kain. Tali sutra merupakan pilihan utama dalam merangkai mutiara air tawar sebab selain kuat juga memiliki fleksibilitas dan menambah keindahan.

Ada dua teknik merangkai dengan menggunakan perangkai tali sutra yaitu rangkaian tanpa ikatan antara manik-manik dan juga rangkaian dengan ikatan antara manik-manik. Untuk rangkaian kalung mutiara pada umumnya digunakan ikatan antara 2 manik-manik karena selain lebih bagus untuuk dilihat juga digunakan untuk menghindari kerusakan manik mutiara karena sering bergesekan satu sama lain. Selain itu untuk alasan keamanan  bila suatu saat nanti tali perangkai putu maka manik-manik tidak akan terlepas semuanya. 

Bagi rangkaian perangkai tali sutra dengan ikatan antara maka panjang rangkaian akan semakin panjang yang berkisar antara 10 % hingga 20 % yang juga tergantung dari ketebalan tali yang digunakan, sementara itu panjang tali akan menjadi dua kalilipat dari pada panjang keseluruhan dari manik mutiara dalam suatu rangkaian. Teknik ini tidak hanya bisa digunakan pada manik mutiara namun juga dapat digunakan untuk merangkai manik dari bahan lain seperti batu semi mulia. Harus diperhatikan adalah jika menggunakan teknik ikatan antara yaitu besar dari lubang manik-manik tersebut. Jika menggunakan mutiara air tawar bisanya hanya menggunakan satu lapis tali namun jika menggunkan mutiara iritasi menggunakan 2 tali.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kuatnya Tali Sutra

0 comments:

Post a Comment