Thursday, February 26, 2015

Menentukan Ukuran Kalung dan Gelang Ideal



Menentukan Kalung dan Gelang Ideal
Gelang dan kalung merupakan perhiasan yang penting dalam upacara pernikahan, ada beberapa cara menentukan kalung dan gelang. Dalam kultur masyarakat Indonesia sendiri sebuah pernikahan adalah hal yang paling ditunggu oleh seluruh keluarga besar. Penyatuan dua insan manusia yang berbeda dalam satu ikatan suci, selain itu juga penyatuan dua keluarga besar masing-masing pengantin. Sebuah pernikahan khususnya di Indonesia sendiri selalu diselenggarakan dengan sebuah pesta baik secara besar maupun secara sederhana dan kecil. Oleh sebab itu, dalam acara sakral penuh makna tersebut sudah menjadi suatu keharusan bahwa setiap orang harus mengenakan busana terbaik mereka, perhiasan terbaik dan juga berdandan secara istimewa. Selain sang pengantin tentu saja penampilan mempelai wanita sangat diperhatikan bterutama urusan perhiasan yang dikenakan.

Cara menentukan kalung dan gelang yang tepat
Sang mempelai wanita pasti ingin dipuji oleh banyak orang pada hari sakral mereka salah satunya menentukan perhiasan yang mereka inginkan salah satunya adalah kalung dan gelang. Cara pertama adalah tentukan jenis kalung dan gelang yang diinginkan. Kedua perkirakan panjang dan lingkar gelang. Untuk orang dewasa biasanya 18-19 cm untuk ukuran small/ medium dan 20-21 cm untuk ukuran medium large, sedangkan bagi anak-anak 11-13 cm ukuran small dan 15 cm untuk ukuran medium. Setelah pengukuran lingkar dan panjang gelang tambahkan 1,5 hingga 2 cm untuk menentukan panjang gelang yang diinginkan. 

Menentukan Ukuran Kalung
Menentukan Ukuran Kalung

Menentukan Ukuran Kalung
Menentukan Ukuran Kalung

Menentukan Ukuran Kalung
Menentukan Ukuran Kalung

Menentukan Ukuran Kalung
Menentukan Ukuran Kalung

Menentukan Ukuran Kalung
Menentukan Ukuran Kalung


Cara menentukan kalung dan gelang ketiga adalah menentukan teknik pengakhiran ujung rangkaian serta penutup yang akan digunakan (claps). Pada umumnya penutup kalung atau gelang dengan split ring yang memiliki panjang 1,5 hingga 2,5 cm pada saat dipasang namun semua itu tergantung dari ukuran claps uyang digunakan.
Cara berikutnya adalah menentukan teknik pengakhiran dengan clips bead tanpa bead tip, dan tambahkan tali hingga 7 cm dari panjang yang diinginkan (panjang kalung – panjang claps + 7 cm). Misalnya panjang yang diinginkan 43 cm, panjang claps 2 cm maka kawat yang dibutuhkan adalah 43 cm – 2cm + 7 cm = 48 cm. panjang 7u cm adalah toletansi yang dibutuhkan untuk proses prngakhiran kalung. Angka toleransi ini bisa diperkecil jika sudah menguasai dan mahir teknik merangkai seperti ini. 

Untuk cara menentukan kalung dan gelang terakhir terdapat pada teknik pengakhiran bead tip, ukur hasil dari rangkaian bead tip-claps-beadtip yang rata-rata mengembil ukuran 2,5 cm. Kurangkan ukuran ini dengan panjang yang diinginkan lalu tambahkan 1 hingga 1,5 cm dari ukuran yang didapat. Ukuran 1-1,5 cm adalah toleransi yang diberikan untuk menggantikan panjang tali yang berada di dalam bead tip dan yang telah terbuang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menentukan Ukuran Kalung dan Gelang Ideal

0 comments:

Post a Comment