Monday, March 9, 2015

Choker Kawat dengan Manik Ceko



Choker Kawat dengan Manik Ceko
Perhiasan merupakan hal yang wajib dikenakan oleh pempelai wanita dalam upacara pernikahan salah satunya yaitu choker manik ceko.. Selain untuk digunakan sehari-hari kalung juga sering digunakan dalam suatu upacara pernikahan untuk mempercantik mempelai wanita. Salah satu kalung yang sering digunakan dalam sebuah pesta pernikahan adalah choker manik ceko.
Material, peralatan, dan cara pembuatan
Material yang digunakan dalam pembuatan choker manik ceko adalah 169 manik ceko 4mm warna perak AB coated, 36 manik ceko 6mm warna amethyst AB coated, kawat lapis perak 0.6mm (1x60 cm, 1x90cm, 1x150cm), dan clasp dan rantai perpanjangan. Sementara peralatan pembuatan choker manik ceko adalah lem chain nose plier, round nose plier, dan wire cutter.

Choker manik ceko
Choker manik ceko

Choker manik ceko
Choker manik ceko

Choker manik ceko
Choker manik ceko

Choker manik ceko
Choker manik ceko

Cara pembuatan choker manik ceko :
1.      Satukan ketiga kawat pada ujung rangkaian, pilin sepanjang kira-kira 5cm. Dengan round nose plier, buat loop lilit lalu rapikan sisa kawat, poles dengan plier agar tidak tajam
2.      Masukan ketiga kawat pada manik ceko 6mm dan kemudian pisahkan ke tiga kawat setelah keluar manik-manik tersebut.
3.      Pada kawat diatas dan dibawah masukkan masing-masing 3 manik ceko, 4mm dan pada tali tengah masukan manik-manik 6mm.
4.      Pertemukan kembali 3 tali di tengah, pilin, dan masukkan kembali manik 6mm
5.      Pisahkan kembali setelah keluar dari manik-manik. Tekuk 90 derajat tali dibagian atas, masukan 3 manik-manik 4mm dengan jarak 1cm dari dasar lakukan teknik pembuatan batang.
6.      Lakukan yang sama dengan tali bagian bawah dengan batang mengarah ke bawah. Satukan kembali kawat dan lakukan langkah 2, 3, dan 4
7.      Pisahkan kawat setelah keluar dari manik 6mm. Pada kawat bagian atas masukkan manik 4mm pada jarak 1.5cm, buat cabang 1 dilanjutkan dengan 3 manik-manik 4mm pada jarak 2cm sebagai cabang 2 dan 3 manik 4mm pada jarak 1.5cm sebagai cabang 3. Pada kawat bagian bawah lakukan langkah 6.
8.      Lakukan 1 set lagi tahap ke 2 hingga tahap 7 namun kali ini dengan batang bercabang (tahap 7) memiliki jarak : cabang 1 dengan jarak 2cm, cabang 2 2.5cm dan cabang 3, 2cm dari dasar.
9.      Lakukan 1 set lagi tahap ke 2 hingga tahap 7 namun kali ini dengan batang bercabang (tahap 7) memiliki jarak : cabang 1 dengan jarak 2cm, cabang 2 2.5cm dan cabang 3, 2cm dari dasar. Cabang tertinggi rangkaian ini adalah bagian tengah kalung. Ulangi tahap 8 dan disusul tahap 7. Kemudial lakukan tahap 2, 3, 4, 5, 6 dan diikuti tahap 2,3, dan 4
10.  Sisakan kawat sepanjang 5 cm pilin ketiga kawat sehingga menyatu. Sambung dengan clasp dan kemudian tutup dengan loop lilit.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Choker Kawat dengan Manik Ceko

0 comments:

Post a Comment