Monday, March 9, 2015

Double Square dan Lark’s Head Knot



Double Square dan Lark’s Head Knot
Beberapa jenis simpul yang dipergunakan untuk perhiasan antara lain simpul double square dan lark’s head knot. Pernikahan adalah sebuah penyatuan dua insan manusia yang berbeda dalam satu ikatan suci, selain itu juga penyatuan dua keluarga besar masing-masing pengantin. Sebuah pernikahan khususnya di Indonesia sendiri selalu diselenggarakan dengan sebuah pesta baik secara besar maupun secara sederhana dan kecil. Dalam acara sakral penuh makna tersebut sudah menjadi suatu keharusan bahwa setiap orang harus mengenakan busana terbaik mereka, perhiasan terbaik dan juga berdandan secara istimewa. Tentu penampilan mempelai wanita sangat diperhatikan terutama perhiasan yang dikenakan.
Bagi mempelai perempuan yang ingin terlihat cantik dan juga manis dalam acara sakral pernikahan pasti akan memilih perhiasan yang sesuai. Salah satu cara untuk mendapatkan perhiasan yang baik dan sesuai dengan selera adalah membuat perhiasan sendiri. Ada beberapa jenis simpul yang dapat digunakan untuk membuat perhiasan yaitu simpul overhand, simpul square, simpul double square, lark’s head knot, dan slip stich,. Salah satu simpul yang paling umum  digunakan untuk membuat perhiasan seperti gelang atau kalung adalah simpul double square dan lark’s head knot.



Simpul double square
Simpul Double Square
Simpul Double Square

Simpul Double Square
Simpul Double Square

Pada umumnya simpul double squre  digunakan sebagai alternative penyelesaian rangkaian pada teknik elastic. Dapat juga digunakan sebagai ikatan akhir di dalam bead tip pada rangkaian dengan tali sutra. Tahap pertama pembuatan simpul, lakukan tahap pertama hingga tahap ketiga dalam pembuatan simpul square. Tahap kedua, bawa tali di tangan kiri memutari tali di tangan kanan 2 kali, tarik hingga membentuk simpul yang saling mengikat. Setelahnya akan tercipta simpul double square.
Lark’s head knot
Biasanya lark’s head knot biasanya digunakan untuk memulai rangkaian pada teknik macramé, tetapi dapat juga digunakan untuk mengawali rangkaian dengan tali sutra. Lark’s head knot dapat dilakukan pada awal rangkaian dan akhir rangkaian. Pada awal rangkaian ada beberapa tahap, tahap pertama adalah pada ujung tali tekuk sekitar5 cm sehingga terbentuk loop (lingkaran) di ujung. tahap kedua, posisikan tongkat atau ring di atas tali. Tahap ketiga, bawa kedua tali di sebelah kanan memutari tongkat dan selipkan kedua tali pada loop yang terbentuk di awal lalu eratkan. 
Simpul lark’s head knot
Simpul lark’s head knot

Simpul lark’s head knot
Simpul lark’s head knot

Simpul lark’s head knot
Simpul lark’s head knot


Untuk lark’s head knot pada akhir rangkaian ada empat tahapan. Tahap pertama, bawa tali memutari tongkat di tengah atas bergerak menuju ke kanan bawah. Tahap kedua, baw atali bergerak membentuk loop dari sisi kanan melewati bagian tali lainnya dari sebelah atas. Ketiga, lanjutkan dengan memutari ring/ tongkat kembali dari arah kiri-kebawah memutari tongkat kea rah atas-tengah. Keempat, masukan tali ke loop dari arah atas lalu eratkan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Double Square dan Lark’s Head Knot

0 comments:

Post a Comment