Monday, March 9, 2015

Mengakhiri dan Menghubungkan Rangkain Tali Sutra



Mengakhiri dan Menghubungkan Rangkain Tali Sutra
Bahan perangkai tali sutra dapat digunakan untuk mengakhiri rangkaian tanpa bead tip, dan menghubungkan rangkaian dengan penutup menggunakan bead tip. Pernikahan merupakan penyatuan dua insan manusia yang berbeda dalam satu ikatan suci, selain itu juga penyatuan dua keluarga besar masing-masing pengantin. Tentu saja penampilan mempelai wanita sangat diperhatikan terutama urusan perhiasan yang dikenakan. Bagi mempelai perempuan yang ingin terlihat cantik dan juga manis dalam acara sakral pernikahan pasti akan memilih perhiasan yang sesuai.
Salah satu cara untuk mendapatkan perhiasan yang baik dan sesuai dengan selera adalah membuat perhiasan sendiri. Salah satu bahan perangkai yang paling umum  digunakan untuk membuat perhiasan adalah perangkai tali sutra. Ada beberapa teknik dengan menggunakan bahan perangkai tali sutra yaitu mengakhiri rangkaian tanpa bead tip dan menghubungkan rangkaian dengan penutup menggunakan bead tip.
Ada dua teknik merangkai dengan menggunakan benang sutra, yaitu tanpa ikatan antara manik-manik dan rangkaian dengan ikatan antara manik-manik. Untuk rangkaian kalung mutiara pada umumnya digunakan ikatan antar 2 manik-manik. Sebab selain lebih bagus juga menghindari rusaknya manik mutiara karena saling bergesekan satu sama lain. Selain juga alasan keamanan, bila suatu saat tali perangkai putus manik-manik tidak akan lepas semua. Pada rangkaian dengan ikatan antara, panjang rangkaian akan bertambah panjang sekitar 10% - 20% tergantung ketebalan benang yang digunakan disbanding bila tidak menggunakan ikatan antara. Sementara panjang benang yang dibutuhkan juga akan menjadi 2 kali daripada panjang keseluruhan manik mutiara dalam rangkaian.

Mengakhiri rangkaian tanpa bead tip
Ada lima langkah yang harus dilakukan untuk mengakhiri rangkaian tanpa baed tip. Langkah pertama, masukan 3 manik terakhir tanpa memberikan ikatan antara, dilakukan dengan penutup kalung unjung lainnya. Langkah kedua, beri simpul lark’s head knot dan eratkan setelahnya simpul overhand. Langkah ketiga, masukan jarum ke manik paling ujung dan lakukan overhand knot, dengan menggunakan pinset rapatkan simpul ke manik-manik dan rapikan. Langkah keempat, lakukan langkah ketiga pada manik akhir ke-2 dan ke-3. Langkah terakhir adalah, setelah manik ke 3 disimpul overhand beri lem dan potong sisa tali.
Menghubungkan rangkaian dengan penutup menggunakan bead tip
Hanya butuh dua langkah untuk menghubungkan rangkaian dengan penutup menggunakan bead tip. Langkah pertama, pada salah satu ujung tali masukkan 1 manik pasir 2mm, buat 2 x overhand knot pada posisi yang sama hingga didapat 1 bulatan. Potong sisa benang, masukan bead tip dengan posisi bukaan menghadap ke ujung tali. Langkah terakhir, bubuhkan lem dan tutup bead tip dengan menggunakan flat nose plier.  

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengakhiri dan Menghubungkan Rangkain Tali Sutra

0 comments:

Post a Comment