Monday, March 9, 2015

Teknik Merangkai dari Rantai dan Kawat



Teknik Merangkai dari Rantai dan Kawat
Salah satu bahan perangkai yang sering digunakan adalah perangkai dengan menggunkan perangkai rantai dan kawat. Penyatuan dua insan manusia yang berbeda dalam satu ikatan suci, selain itu juga penyatuan dua keluarga besar masing-masing pengantin. Sebuah pernikahan khususnya di Indonesia sendiri selalu diselenggarakan dengan sebuah pesta baik secara besar maupun secara sederhana dan kecil. Oleh sebab itu, dalam acara sakral penuh makna tersebut sudah menjadi suatu keharusan bahwa setiap orang harus mengenakan busana terbaik mereka, perhiasan terbaik dan juga berdandan secara istimewa. Selain sang pengantin tentu saja penampilan mempelai wanita sangat diperhatikan terutama urusan perhiasan yang dikenakan.
Bagi mempelai perempuan yang ingin terlihat cantik dan juga manis dalam acara sakral pernikahan pasti akan memilih perhiasan yang sesuai. Salah satu cara untuk mendapatkan perhiasan yang baik dan sesuai dengan selera adalah membuat perhiasan sendiri. Ada beberapa jenis perngkai yang sering digunakan seperti kawat, rantai, tali nylon, bahkan tali dari sutra. Salah satu bahan perangkai yang paling umum  digunakan untuk membuat perhiasan seperti gelang atau kalung adalah perangkai rantai dan kawat. Ada beberapa teknik pembutan perhiasan dengan menggunakan bahan perangkai kawat dan rantai yaitu membentuk loop sederhana, membentuk manik dengan loop sederhana, merangkai manik kawat membentuk bead chain, membuat loop lilit, dan membuat manik dengan loop lilit.  
Membentuk loop sederhana
Cara untuk membuat loop sederhana dari perangkai rantai dan kawat hanya memerlukan tiga lingkah. Langkah pertama adalah tekuk kawat Sembilan puluh derajat, 1 cm dari ujung. Langkah kedua adalah dengan ujung round nose plier bentuk lingkaran mulai dari ujung kawat yang ditekuk. Langkah terakhir atau ketiga yaitu lanjutkan lingkaran hingga membentuk loop dengan posisi persis di tengah kawat.
Membuat manic dengan loop sederhana
Membuat manic dengan loop sederhana

Membuat manic dengan loop sederhana
Membuat manic dengan loop sederhana

Membuat manic dengan loop sederhana
Membuat manic dengan loop sederhana

Membuat manic dengan loop sederhana
Membuat manic dengan loop sederhana

Membuat manic dengan loop sederhana
Cara untuk membuat manic dengan loop sederhana terdiri dari empat cara. Membentukan ini dapat menggunakan eye pin ataupun dengan meneruskan pembuatan loop sederhana pada cara sebelumnya. Pertama, masukkan manik-manik pada eye pin atau pada kawat loop sederhana, posisikan hingga loop terbentuk berada di bawah dan tahan dengan flat nose plier. Kedua, tekuk 90 derajat sisa kawat di atas manik-manik. Ketiga, sisakan sekitar 1 cm dari tekukuan kawat, potong sisanya dengan wire cutter. Terakhir, dengan flat nose plier, pegang loop yang sudah terbentuk bentuk loop sederhana seperti pada teknik membuat loop sederhana pada ujug akhir.
Manik-manik yang telah dirangkai pada cara kedua tersebut dapat dirangkai sambung menyambung hingga membentuk rantai bermanik-manik atau beaded chain. Rangkaian ini dapat langsung dikenakan sebagai kalung atau gelang dengan hanya menambahkan penutup kalung pada masing-masing ujung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Teknik Merangkai dari Rantai dan Kawat

0 comments:

Post a Comment