--> Perhiasan dengan Perangkai Kawat | All About Trend and Fashion

Monday, March 9, 2015

Perhiasan dengan Perangkai Kawat

| Monday, March 9, 2015


Perhiasan dengan Perangkai Kawat
Bahan perangkai kawat dan rantai dapat digunakan untuk membuka dan menutup jump ring, memilin kawat membuat batang tunggal, membuat batang bercabang. Pernikahan merupakan penyatuan dua insan manusia yang berbeda dalam satu ikatan suci, selain itu juga penyatuan dua keluarga besar masing-masing pengantin. Tentu saja penampilan mempelai wanita sangat diperhatikan terutama urusan perhiasan yang dikenakan.
Salah satu cara untuk mendapatkan perhiasan yang baik dan sesuai dengan selera adalah membuat perhiasan sendiri. Ada beberapa jenis perngkai yang sering digunakan seperti kawat, rantai, tali nylon, bahkan tali dari sutra. Salah satu bahan perangkai yang paling umum  digunakan untuk membuat perhiasan adalah perangkai rantai dan kawat. Ada beberapa teknik pembutan perhiasan dengan menggunakan bahan perangkai tersebut yaitu membuka dan menutup jump ring, memilin kawat membuat batang tunggal, dan membuat batang bercabang.

 
Membuka dan menutup jump ring
Ada tiga tahapan untuk membuka dan menutup jump ring. Tahapan pertama adalah dengan menggunkana dua plier pegang masing-masing sisi bukaan jump ring. Tahapan kedua adalah dorong kedua plier kearah berlawanan. Plier kanan didorong kearah luar dan plier luar kea rah dalam, sehingga mebentuk jarak antara bukaan. Tahap ketiga atau terakhir lakukan proses sebaliknya untuk menutup kembali.
Memilin kawat membuat batang tunggal
Cara untuk memilin kawat membuat batang tunggal berjumlah lima langkah. Jumlah pilinan yang akan dilakukan pada kawat menentukan kekuatan kawat dan juga ketebalan kawat. Langkah pertama, tempatkan manik-manik pada posisi yang diinginkan. Langkah kedua, tekuk kawat dan pertahankan posisi manik-manik dengan mempertemukan kedua kawatnya di bawah manik-manik. Ketiga, dengan tangan kiri pegang pertemuan dua kawat dengan plier sedangkan tangan kanan mengunci posisi manik-manik dengan malakukan 1 kali putaran. Keempat, satukan kedua batang di bawah dan tahan dengan plier menggunakan tangan kiri, sementara tangan kanan memegang manik-manik dan lanjutkan putaran hingga penuh 1 batang. Langkah terakhir rapikan pilinan, potong sisanya.
Membuat batang bercabang
Empat tahapan yang dibutuhkan untuk membuat batang bercabang. Langkah pertama, lakukan tahap pertama hingga ketiga membuat batang tunggal namun tidak sampai dasar batang kawat. Langkah kedua, tahan dasar batang hasil dari tahap pertama, tarik 1 kawat ke atas kemudian masukan manik-manik berikut, lakukan langkah pada tahap pertama untuk membentuk cabang ke 2. Langkah selanjutnya adalalah lakukan langkah kedua hingga mencapai cabang batang kawat yang diinginkan. Langkah terakhir, tahan pertemuan cabang yang telah dipilin dengan tangan kanan dan dasar batang tanpa pilinan dengan plier kemudian lakukan piilinan pada batang tangan kanan hingga dasar batang.


Related Posts

No comments:

Post a Comment