Monday, March 9, 2015

Merangkai Perhiasan dengan Kawat Lapis Nylon



Merangkai Perhiasan dengan Kawat Lapis Nylon
Bahan perangkai kawat lapis nylon dapat digunakan untuk mengawali/mengakhiri rangkaian dengan crimp bead dan bead tip, dan memberi jarak antar manik dengan sedotan minuman. Pernikahan merupakan penyatuan dua insan manusia yang berbeda dalam satu ikatan suci, selain itu juga penyatuan dua keluarga besar masing-masing pengantin. Tentu saja penampilan mempelai wanita sangat diperhatikan terutama urusan perhiasan yang dikenakan. Bagi mempelai perempuan yang ingin terlihat cantik dan juga manis dalam acara sakral pernikahan pasti akan memilih perhiasan yang sesuai. Salah satu cara untuk mendapatkan perhiasan yang baik dan sesuai dengan selera adalah membuat perhiasan sendiri. 

 
Ada beberapa jenis perangkai yang sering digunakan seperti kawat, rantai, tali nylon, bahkan tali dari sutra. Salah satu bahan perangkai yang paling umum  digunakan untuk membuat perhiasan seperti gelang atau kalung adalah perangkai kawat lapis nylon. Ada beberapa teknik pembutan perhiasan dengan menggunakan bahan perangkai kawat lapis nylon yaitu mengawali/ mengakhiri rangkaian dengan crimp bead dan bead tip dan memberi jarak antar manik dengan sedotan minuman.
 
Crimp bead
Crimp bead

Crimp bead
Crimp bead

Crimp bead
Crimp bead

Mengawali/ mengakhiri rangkaian dengan crimp bead dan bead tip
Ada lima langkah yang harus dikerjakan untuk mengawali/ mengakhiri rangkaian dengan crimp bead dan bead tip. Langkah pertama adalah tempatkan crimp bead dan bead tip pada tali dengan posisi bukaan bead tip menghadap ujung tali. Langkah kedua yaitu pipihkan crimp bead dan masukkan ke dalam lubang bead tip. Langkah ketiga, beri lem pada crimp bead. Langkah keempat, tutup mangkuk bead tip hingga menyerupai bola. Langkah kelima dan terakhir adalah pasangkan penutup kalung pada kaitan terbuka dari bead tip dan tutup kaitan dengan menggunakan flat nose plier ataupun chain nose plier. 

Memberi jarak antar manic dengan sedotan minuman
Ada lima langkah dalam pembuatan jarak antar manic dengan perangkai kawat lapis nylon dan ini merupakan kalung ilusi. Langkah pertama, potong sedotan minuman sepanjang jarak yang diinginkan antara manik-manik. Bisa dimulai dari tengah panjang tali ataupun dari ujung tali perangkai. Panjang sedotan sendiri adalah panjang jarak antara manik-manik yang dibatasi oleh crimp bead yang telah dipipihkan. Langkah kedua, masukan sedotan pada tali diikuti dengan crimp bead pada masing-masing sisinya. Ketiga, pipihkan masing-masing crimp bead. Keempat, setelah crimp bead mengikat keluarkan sedotan pengukur. Langkah kelima, masukkan manik-manik dengan crimp bead, pipihkan crimp bead sehingga posisi manik-manik tidak berubah, kemudian ulangi manic berikutnya hingga rangkaian selesai.
Pada saat telah mengukur posisi manik-manik dengan sedotan minuman, bubuhkan lem pada posisi manik-manik yang diinginkan. Keluarkan sedotan dari tali perlahan jangan sampai menyentuh lem dan masukkan manik-manik tahan hingga kering.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Merangkai Perhiasan dengan Kawat Lapis Nylon

0 comments:

Post a Comment