Monday, March 9, 2015

Kawat Lapis Nylon sebagain perangkai yang Kuat



Kawat Lapis Nylon yang Kuat
Salah satu bahan perangkai yang sering digunakan adalah perangkai dengan menggunkan perangkai kawat lapis nylon. Penyatuan dua insan manusia yang berbeda dalam satu ikatan suci, selain itu juga penyatuan dua keluarga besar masing-masing pengantin. Dalam acara sakral penuh makna tersebut sudah menjadi suatu keharusan bahwa setiap orang harus mengenakan busana terbaik mereka, perhiasan terbaik dan juga berdandan secara istimewa. Tentu saja penampilan mempelai wanita sangat diperhatikan terutama urusan perhiasan yang dikenakan.
Salah satu cara untuk mendapatkan perhiasan yang baik dan sesuai dengan selera adalah membuat perhiasan sendiri. Ada beberapa jenis perngkai yang sering digunakan seperti kawat, rantai, tali nylon, bahkan tali dari sutra. Salah satu bahan perangkai yang paling umum  digunakan untuk membuat perhiasan adalah perangkai kawat lapis nylon. Ada beberapa teknik dengan menggunakan bahan perangkai kawat lapis nylon yaitu memasang crimp beads dengan flat nose plier, memasang crimp beads dengan crimping plier, dan mengawali/mengakhiri rangkaian dengan crimp bead.
Kawat lapis nylon
Kawat lapis nylon

Ada dua cara pemasangan crimp bead dengan hasil yang berbeda dan alat yang berbeda pula. Pertama memasang crimp beads dengan flat nose plier, ada dua langkah untuk pemasangan ini. Langkah pertama, masukan crimp bead pada tali kemudian pipihkan crimp bead dengan cara menekankan flat nose plier hingga rata membentuk lempengan. Langkah kedua, manik-manik diposisikan oleh crimp bead. Kedua adalah memasang crimp beads dengan crimpling plier, terdapat tiga langkah untuk pemasangan crimp bead ini. Langkah pertama, masukan crimp bead pada tali  kemudian pipihkan crimp bead dengan cara menekankan crimping plier bagian dalam hingga satu sisi membentuk setengah lingkaran dan sisi lain menekuk ke dalam. Langkah ketiga, dengan lingkaran bagian luar crimping plier tempatkan crimp bead melintang pada lingkaran sebelah luar dan tekan hingga crimp bead membentuk 1 bulatan. Terakhir manik-manik diposisikan oleh crimp bead.
Teknik pembuatan perhiasan menggunakan bahan perangkai kawat lapis nylon adalah mengawali/mengakhiri rangkaian dengan crimp bead, ada empat langkah dalam teknik ini. Langlah pertama, masukkan crimp bead dilanjutkan dengan manik pengaman dan dapat menutup kalung (claps). Manik pengaman dapat digunakan dapat juga ditiadakan, dapat berupa manik apa saja yang sesuai dengan rangkaian yang diinginkan namun jangan melebihi ukuran manik utama rangkaian. Langkah kedua, bentuk loop pada tali, masukkan kembali tali melalui manik pengaman dan crimp bead, tarik tali hingga loop menecil namun cukup besar sehingga penutup kalung masih dapat bergerak, tahan dengan plier dan pipihkan crimp bead. Terakhir, masukkan tali ke manik pertama rangkaian dan potong sisa tali yang keluar dari manic tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kawat Lapis Nylon sebagain perangkai yang Kuat

0 comments:

Post a Comment