Friday, April 24, 2015

Batu Turmalin Koleksi Kesayangan Kaisar China

Batu Turmalin Koleksi Kesayangan Kaisar China
Turmalin (tourmaline) merupakan salah satu permata yang istimewa karena merupakan batu mulia yang menjadi koleksi kesayangan kaisar besar di sejarah beradaban dunia. Di antara beberapa ribu jenis mineral yang terserak di dalam kerak bumi, hanya ada beberapa ratus yang tergolong jenis yang langka, tahan lama, dan juga tergolong indah atau malah memiliki kombinasi dari ketiga unsur tersebut sehingga harganya menjadi sangat mahal. Dahulu mineral-mineral tersebut dibedakan menjadi dua macam yaitu batu mulia (precious stones) seperti berlian, miraah, dan zamrud dan juga batu mulia tanggung (semi-precious stones) seperti biduri bulan, zircon, dan akik.
Sebetulnya pembedaan seperti ini tidak niscaya dibutuhkan karena pada umumnya mineral relative memiliki kualitas keindahan dan daya tahan tinggi, serta dapat dipakai sebagai perhiasan yang disebut permata (gemstones). Ada bebrapa jenis batu permata turmalin (tourmaline) yaitu indokolit (indicolite), rubelit (rubelite), turmalin dwi warna dan tri warna, turmalin semangka, schrol, dravit, turmalin krom, dan arkoit.

Batu Turmalin Koleksi Kesayangan Kaisar China
Batu Turmalin Koleksi Kesayangan Kaisar China

Batu Turmalin Koleksi Kesayangan Kaisar China
Batu Turmalin Koleksi Kesayangan Kaisar China

Batu Turmalin Koleksi Kesayangan Kaisar China
Batu Turmalin Koleksi Kesayangan Kaisar China

Batu mulia turmalin (tourmaline)
Kaisar Tzu His dipandang sebagai seseorang yang menaikan popularitas dari turmalin (tourmaline) di China pada peralihan abad silam. Kaisar perempuan ini sangat tergila-gila pada batu-batu turmalin (tourmaline) tatahan. Selama hayatnya dia telah mengoleksi lebih dari 1 ton turmalin (tourmaline). Namun setelah wafatnya di tahun 1912 dan Dinasti Muchu mengalami keruntuhan segera tersebar desas-desus bahawa batu inilah yang membawa nasib buruk atau kesialannya.
Terlepas dari cerita sejarah tersebut turmalin (tourmaline) dikenal sebagai batu pertama yang memiliki pleokroisme yaitu gejala pergantian warna yang menawan. Jangkauan warnanya sangat luas, memperlihatkan variasi yang paling beraneka ragam ketimbang batu-batu mulia yang lain. Cirri lainnya terletak pada bentuk kristalnya yang menyerupai pensil, terutama untuk turmalin (tourmaline) hijau yang harus dipotong tinggi-panjang untuk meminimalkan efek yang disebut sebagai “sumbu C hitam” (black C axis). Kecuali itu turmalin juga dikenal sebagai batu yang dapat menghasilkan muatan elektromagnetik positif dan negative apabila digosok atau dipanaskan. Ada beberapa jenis turmalin (tourmaline) antara lain sebagai berikut.
·         Indrokolit yang merupakan turmalin berwarna biru atau hijau-biru, cukup langka dan mahal bila berkualitas baik.
·         Rubelit, turmalin berwarna merah, cukup langka dan mahal dengan kualitas baik.
·         Turmalin dwi warna atau tri warna, batu ini menampilkan zona warna yang berganda di sekujur tubuh Kristal. Sangat bernilai tinggi jika warna-warni tersebut terpilah dengan baik dan terkesan hidup.
·         Turmalin semangka, mempunyai titik pusat berwarna merah yang dikelilingi warna hijau, mirip sekali dengan buah semangka yang dibelah dua.
·         Schorl, turmalin berwarna hitam.
·         Turmalin krom, turmalin yang berwarna hijau dan terkesan hidup dan warna tersebut diperoleh dari kromium.
·         Akroit, turmalin yang tak berwarna dan juga cukup langka.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Batu Turmalin Koleksi Kesayangan Kaisar China

0 comments:

Post a Comment