Friday, April 24, 2015

Batuan Kuarsa yang Berlimpah di Muka Bumi

Batuan Kuarsa yang Berlimpah di Muka Bumi
Kuarsa (quartz) merupakan keluarga batu mulia berharga salah satunya adalah kecubung yang merunut legenda merupakan perwujudan dari dewa anggur. Di antara beribu-ribu jenis mineral yang terserak di bumi, hanya ada beberapa ratus yang tergolong jenis yang langka, tahan lama, dan juga indah atau malah memiliki kombinasi dari ketiga unsure tersebut sehingga harganya menjadi mahal. Dahulu mineral-mineral tersebut dibedakan menjadi dua macam yaitu batu mulia (precious stones) seperti berlian, miraah, dan zamrud dan juga batu mulia tanggung (semi-precious stones) seperti biduri bulan, zircon, dan akik. Sebetulnya pembedaan seperti ini tidak niscaya dibutuhkan karena pada umumnya mineral relative memiliki kualitas keindahan dan daya tahan tinggi, serta dapat dipakai sebagai perhiasan yang disebut permata (gemstones).

Batuan Kuarsa yang Berlimpah di Muka Bumi
Batuan Kuarsa yang Berlimpah di Muka Bumi

Batuan Kuarsa yang Berlimpah di Muka Bumi
Batuan Kuarsa yang Berlimpah di Muka Bumi

Batuan Kuarsa yang Berlimpah di Muka Bumi
Batuan Kuarsa yang Berlimpah di Muka Bumi


Keluarga Batuan Kuarsa
Menurut legenda, batu kecubung berasal dari Bacchus sang dewa anggur dari bangsa Yunani. Pada suatu hari sang dewa marah kepada manusia dan mengutuk semua orang yang berpapasan dengannya agar dimakan oleh harimau. Seorang gadis cantik bernama Amethys secara tak sengaja melawatinya sewaktu hendak berdoa kepada Diana sang dewi cinta. Diana langsung mengubahnya manjadi batu Kristal agar tidak dimankan oleh harimau, mengetahui hal tersebut Bacchun menyesal dan kemudian dia menuangkan anggur pada gadis muda perwujud Kristal tersebut. Maka sekujur tubuhnya menjadi ungu kecuali bangian kaki yang sama sekali tidak berwarna. Konon inilah sebabnya mengapa bagian bawah kecubung tidak berwarna.
Batu kecubung yang juga populer penggunaannya di dalam meditasi ini termasuk ke dalam keluarga kuarsa (quartza). Kuarsa adalah satu-satunya keluarga mineral yang paling melimpah di kerak bumi dengan demikian terdapat pada hampir setiap lingkungan geologis. Nyaris setiap tipe batuan terdiri atas mineral kuarsa ini bahkan sering kali merupakan mineral primer (>98 %). Spectrum warna mineral kuarsa sangatlah beraneka, meskipun sejauh ini Kristal bening adalah yang paling umum, lalu putih atau berkabut, ungu, merah jambu, abu-abu, coklat, hitam atau bahkan berwarna-warni. Sebagian di antaranya memiliki kilauan bagaikan gelas atau kaca sementara sebagian lainnya tampak pekat, pudar, atau seperti berlemak. Kuarsa kriptokristalin sering kali memperlihatkan gabungan warna yang eksotik, melingkar-lingkar dan berpola.
Kuarsa dapat dengan mudah ditemukan di dalam kehidupan sehari-hari sebagai ampelas atau bahan abrasive lainnya juga sebagai unsure di dalam sabun juga keramik. Demikian pula dengan barang-barang elektronik seperti radio, televisi, jam dinding, jam tangan, serta computer. Di lingkungan alaminya berbagai bentuk dan konsentrasi kuarsa terdapat pada hampir setiap jenis batuan, entah berupa batuan endapan, batuan gunung berapi, atau batuan metaforf. Kuarsa pun dapat ditemukan di dalam geode-geoda (geodes), meteroit-meteroit, bahkan batuan bulan. Di indonesis sumber kuarsa tersebar luas di banyak lokasi antara lain Banten, Jawa Barat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Batuan Kuarsa yang Berlimpah di Muka Bumi

0 comments:

Post a Comment