Friday, April 24, 2015

Biduri Bulan: Feldspar Gairah Sepasang Kekasih
Biduri bulan salah satu batu feldspar merupakan batu mulia berharga yang dipercaya oleh masyarakat merupakan sebuah simbol cinta sepasang kekasih. Di antra beribu-ribu jenis mineral yang terserak di bumi, hanya ada beberapa ratus yang tergolong jenis yang langka, tahan lama, dan juga indah atau malah memiliki kombinasi dari ketiga unsure tersebut sehingga harganya menjadi mahal. Dahulu mineral-mineral tersebut dibedakan menjadi dua macam yaitu batu mulia (precious stones) seperti berlian, miraah, dan zamrud dan juga batu mulia tanggung (semi-precious stones) seperti biduri bulan, zircon, dan akik. Sebetulnya pembedaan seperti ini tidak niscaya dibutuhkan karena pada umumnya nimeral relative memiliki kualitas keindahan dan daya tahan tinggi, serta dapat dipakai sebagai perhiasan yang disebut permata (gemstones).
Biduri Bulan: Feldspar Gairah Sepasang Kekasih
Biduri Bulan: Feldspar Gairah Sepasang Kekasih

Biduri Bulan: Feldspar Gairah Sepasang Kekasih
Biduri Bulan: Feldspar Gairah Sepasang Kekasih

Biduri Bulan: Feldspar Gairah Sepasang Kekasih
Biduri Bulan: Feldspar Gairah Sepasang Kekasih


Batu mulia biduri bulan
Laksana bulan purnama di langit malam yang penuh misteri, batu biduri bulan dipandang sebagai batu yang sakral di India. Sebagian orang percaya bahwa kilau putih keperakan yang menyelimuti batu ini laksana cadar kabut yang merupakan bukti keberadaan roh di dalamnya. Cerita rakyat India pun mengatakan bahwa batu ini mempu membangkitkan gairah sepasang kekasih. Jika diletakan di bawah lidah pada saat bulan purnama konon kabarnya batu ini akan menaikan gairah asmara.
Biduri bulan (moonstone atau adulur) yang masih tergolong ke dalam keluarga batu feldspair ini berwarna bening sampai dengan abu-abu kekuningan, sangat tembus cahya dan juga tembus pandang serta dapat memantulkan sinar dalam kemilau yang khas yang juga disebut dengan adularescence. Kadang kala biduri bulan yang dipotong berbentuk kubah bisa menampilkan efek mata kucing yang sangat indah (suatu garis terang yang disebabkan oleh pantulan dari inklusi-inklusi tipis yang pararel). Biduri bulan yang paling bernilai tinggi adalah yang bening dan nyaris transparan dengan efek kemilau biru. Sri Langka merupakan sumber utama, sedangkan India, Myanmar, Brazilia, dan Pengunungan Alpen adalah sumber-sumber lainnya. Selain biduri bulan, virietas lain dari keluarga batu feldspar mencakup ortoklos, amazonite, dan labradorit.
Ortoklas (orthoclase)
Sejenis feldspar  berwarna kuning transparan yang mirip dengan kuarsa sitrin atau beril kuning. Batu ini terutama ditemukan di Madagaskar dan merupakan koleksi yang bernilai.
Amazonite
Jenis batu feldspar yang pekat, berwarna hijau muda sampai dengan hijau kebiruan, memiliki bercak yang sangat khas dan sering dipotong kubah. Namanya sendiri diambil dari nama sungai Amazon walaupun asal batu ini bukan dari tempat tersebut.
Labradorit (labradorite)
Feldspar yang mempunyai warna abu-abu atau tanpa warna sampai kuning yang mengandung inkluisi dari material-material lain sehingga menghasilkan efek visual yang bervariasi seperti pelangi apabila dikenai cahaya. Inklusi-inklusi serupa lapisan kecil yang terbesar tersebut menghasilkan efek kemilau istimewa yang dinamakan schiller.




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related :

0 comments:

Post a Comment