Skip to main content

Jade sang Batu Hamparan Dewi Welas Asih

Jade sang Batu Hamparan Dewi Welas Asih
Giok (jade) merupakan batu mulia berharga yang telah ada sejak berpuluh-puluh ribu tahun yang lalu dan juga dikenal sebagai karya seni mahal juga sebagai simbol diberbagai upacara, kepercayaan dan juga pemikiran filosafi manusia. Di antra beribu-ribu jenis mineral yang terserak di bumi, hanya ada beberapa ratus yang tergolong jenis yang langka, tahan lama, dan juga indah atau malah memiliki kombinasi dari ketiga unsure tersebut sehingga harganya menjadi mahal. Dahulu mineral-mineral tersebut dibedakan menjadi dua macam yaitu batu mulia (precious stones) seperti berlian, miraah, dan zamrud dan juga batu mulia tanggung (semi-precious stones) seperti biduri bulan, zircon, dan akik. Sebetulnya pembedaan seperti ini tidak niscaya dibutuhkan karena pada umumnya nimeral relative memiliki kualitas keindahan dan daya tahan tinggi, serta dapat dipakai sebagai perhiasan yang disebut permata (gemstones).

Jade sang Batu Hamparan Dewi Welas Asih
Jade sang Batu Hamparan Dewi Welas Asih

Jade sang Batu Hamparan Dewi Welas Asih
Jade sang Batu Hamparan Dewi Welas Asih

Jade sang Batu Hamparan Dewi Welas Asih
Jade sang Batu Hamparan Dewi Welas Asih


Batu mulia giok (jade)
Giok (jade) dikenal luas di negeri China semenjak 4000 tahun sebelum Masehi, bahkan kultus terhadap batu ini dapat ditelusuri semenjak masa Neolitikum. Pada zaman prasejarah batu giok banyak digunakan sebagai objek simbolik di dalam ritual-ritual dan dipergunakan sebgai senjata dan peralatan lainnya yang disebabkan sifatnya yang tidak mudah pecah. Berbagai upacara, kepercayaan, dan pemikiran filosifis berkaitan erat dengan “Batu Surgawi” tersebut. Menurut kepercayaan orang China batu yang sangat indah ini merupakan hamparan (dampar) bagi Dewi Kwan Im atau Avalokiteswara, dewi welas asih. Nama giok itu sendiri secara konvesional mengacu pada dua jennies mineral yang sebetulnya amat berbeda yakni jadeite dan nephrite.
Jadeit (jadeite)
Jenis ini terdiri atas sejumlah besar warna yang meliputi warna putih susu, hijau, kuning, merah, jingga, violet, dan juga warna hitam. Jadeit sangat bernilai tinggi sebab merupakan sebuah karya seni ukir yang kebanyakan berasal dari daratan China. Giok imperial (imperial jade) biasanya yang berwarna hijau terbaik sangat sukar untuk didapatkan dan dengan harga yang sangat mahal. Sumber-sumber utama batu ini dapat ditemukan di Myanmar, Selandia Baru, Guatemala, dan juga daratan Serbia.
Nefrit (nephrite)
Biasanya batu ini berwarna hijau, hitam, coklat, atau beige (warna antara abu-abu dan juga warna coklat). Biasanya memiliki warna yang lebih tua, namun kurang intens, ketimbang jadeit. Batu nefrit ini sebetulnya tergolong ke dalam kelompok mineral amfibola (amphibole), juga dipandang bernilai tinggi di dalam seni ukir China sejak berabad-abad yang lampau. Sumber-sumbernya cukup banyak antara lain terdapat di Turkistan, Taiwan, Selandia Baru, Wyoming, Danau Baikal, British Columbia, dan juga California. Deposit batu giok baru-baru ini juga telah ditemukan di tanah Papua (Irian Jaya), Jawa Barat (terutama di dekat Sumedang), Banten Selatan, dan juga daratan Aceh.


Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Gelang Mutiara Bermanik Ceko dan Swarovski

Cara Membuat Gelang Mutiara Bermanik Ceko dan Swarovski Perhiasan merupakan salah satu yang wajib dikenakan oleh pengantin wanita dalam upacara pernikahan salah satunya adalah gelang mutiara dengan manik ceko dan manik Swarovski . Pernikahan merupakan penyatuan dua insan manusia yang berbeda dalam satu ikatan suci, selain itu juga penyatuan dua keluarga besar masing-masing pengantin. Sebuah pernikahan khususnya di Indonesia sendiri selalu diselenggarakan dengan sebuah pesta baik secara besar maupun secara sederhana dan kecil. Oleh sebab itu, dalam acara sakral penuh makna tersebut sudah menjadi suatu keharusan bahwa setiap orang harus mengenakan busana terbaik mereka, perhiasan terbaik dan juga berdandan secara istimewa. 

Menentukan Ukuran Kalung dan Gelang Ideal

Menentukan Kalung dan Gelang Ideal Gelang dan kalung merupakan perhiasan yang penting dalam upacara pernikahan, ada beberapa cara menentukan kalung dan gelang. Dalam kultur masyarakat Indonesia sendiri sebuah pernikahan adalah hal yang paling ditunggu oleh seluruh keluarga besar. Penyatuan dua insan manusia yang berbeda dalam satu ikatan suci, selain itu juga penyatuan dua keluarga besar masing-masing pengantin. Sebuah pernikahan khususnya di Indonesia sendiri selalu diselenggarakan dengan sebuah pesta baik secara besar maupun secara sederhana dan kecil. Oleh sebab itu, dalam acara sakral penuh makna tersebut sudah menjadi suatu keharusan bahwa setiap orang harus mengenakan busana terbaik mereka, perhiasan terbaik dan juga berdandan secara istimewa. Selain sang pengantin tentu saja penampilan mempelai wanita sangat diperhatikan bterutama urusan perhiasan yang dikenakan.
Cara menentukan kalung dan gelang yang tepat Sang mempelai wanita pasti ingin dipuji oleh banyak orang pada hari sakral…

Mudahnya Membuat Kalung Mutiara Tumpuk

Mudahnya Membuat Kalung Mutiara Tumpuk Perhiasan yang sering digunakan adalah kalung, salah satu dari beberapa kalung tersebut terbuat dari bahan dasar seperti mutiara dan contoh kalung yang terbuat dari mutira adalah kalung mutiara tumpuk. Salah satu pendukung keindahan dan kecantikan seorang perempuan adalah perhiasan. Rasanya ada yang kurang jika perempuan tampil apa adanya tanpa ditemani perhiasan. Dapat dilihat bahwa hampir di setiap kesempatan, perhiasan tidak dapat dipisahkan dari kaum hawa. Memamng perhiasan yang terdiri atas kalung, gelang, anting, cincin, ataupun ikat pinggang dapat membuat penampilan menjadi modis dan menarik. Kepercayaan diri pun akan bertambah dengan hiasan yang dapat mempercantik diri. Di pasaran tersedia beragam desai perhiasan. Bahkan desainnya juga beragam seperti manik, mutiara, Kristal, perak, dan emas dari yang imitasi sampai yang asli. Oleh sebab itu tidak heran jika untuk tampil chic, harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Di pasaran banyak pe…