Friday, April 24, 2015

Jenis-jenis Kuarsa Kristalin yang Mendunia

Jenis-jenis Kuarsa Kristalin yang Mendunia
Kuarsa kristalin (crystalline quartz) merupakan satu dari varietas utama keluarga batu mulia kuarsa dan sering ditemui. Di antara beribu-ribu jenis mineral yang terserak di bumi, hanya ada beberapa ratus yang tergolong jenis yang langka, tahan lama, dan juga indah atau malah memiliki kombinasi dari ketiga unsure tersebut sehingga harganya menjadi mahal. Dahulu mineral-mineral tersebut dibedakan menjadi dua macam yaitu batu mulia (precious stones) seperti berlian, miraah, dan zamrud dan juga batu mulia tanggung (semi-precious stones) seperti biduri bulan, zircon, dan akik. Sebetulnya pembedaan seperti ini tidak niscaya dibutuhkan karena pada umumnya mineral relative memiliki kualitas keindahan dan daya tahan tinggi, serta dapat dipakai sebagai perhiasan yang disebut permata (gemstones).

Jenis-jenis Kuarsa Kristalin yang Mendunia
Jenis-jenis Kuarsa Kristalin yang Mendunia

Jenis-jenis Kuarsa Kristalin yang Mendunia
Jenis-jenis Kuarsa Kristalin yang Mendunia

Jenis-jenis Kuarsa Kristalin yang Mendunia
Jenis-jenis Kuarsa Kristalin yang Mendunia


Karena keberlimpahan dan penyebaran yang luas itu maka kuarsa mendapat nama-nama varietas, warna, dan bentuk yang sangat beragam. Biasanya specimen-spisemennya dipilah berdasarkan criteria seperti warna, corak, struktur Kristal, dan masih banyak lagi. Kombinasi dari setiap kombinasi ini akan menghasilkan ratusan kemungkinan yang masing-masing bersifat unik. Biasanya verietas kuarsa dibedakan menjadi dua kelompak utama yaitu kuarsa kristalin (crystalline quartz) dan kuarsa kriptokristalin (cryptocrystalline quartz), ditambah kuarsit dan kalimaya (opal).
Kuarsa krislatin (crystalin quartz)
Kuarsa kristalin mampunyai Kristal-kristal tunggal yang dapat secara mudah dikenal lewat mata telanjang. Kelompok kuarsa ini memiliki Kristal-kristal yang berlainan. Terdapat sejumlah variasi umum yang dibedakan berdasarkan warnanya.
·         Kecubung (amethyst) merupakan kuarsa berwarna ungu dan merupakan salah satu batu permata yang paling terkenal. Namanya didapat dari bahasa Yunani amethustos yang berarti tidak mabuk karena batu ini dipercaya dapat melindungi pemakainya dari efek alcohol. Variasi warnanya mulai dari lembayung pucat (kecubung “Rose de France”) sampai dengan biru tua berkilasan merah (kecubung “Siberia”).
·         Sitrin (critine) adalah kuarsa berwarna kuning sampai dengan jingga. Warna batu ini bervariasi mulai dari kuning pucat, kuning keemasan, sampai dengan jingga tua sehingga sering digunakan sebagai tiruan topaz. Warna-warna yang lebih tua lebih dihargai termasuk warna jingga keemasan (sitrin “Rio Grande”) dan warna-warna anggur tua (dark sherrycolored) (sitrin “Madeira”).
·         Ametrin (ametrine) merupakan kombinasi kecubung dan sitrin di dalam sebuah Kristal tunggal yang baru ditemukan beberapa tahun lalu di Bolivia.
·         Vermarin (vermarine) disebut juga dengan prosiolit atau kecubung hijau adalah jenis kuarsa berwarna hijau terang sampai sedaang yang diperoleh melalui proses pemanasan yang hati-hati terhadap kecubung.
·         Kecubung es (rock crystal) merupakan kuarsa murni yang bening tanpa warna. Pada masa kuno banyak digunkaan untuk membuat mangkuk bola Kristal.
·         Kuarsa mawar (rose quartz) merupakan variasi kuarsa yang berwarna merah jambu. Batu ini biasanya bercahaya sampai dengan semi trasnparan.
·         Kecubung teh/kuarsa asap (smoky quartz) kuarsa yang berwarna coklat atau coklat kemerahan.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jenis-jenis Kuarsa Kristalin yang Mendunia

0 comments:

Post a Comment