Friday, April 24, 2015

Kesederhanaan Sirkam Manik Swarovski

Kesederhanaan Sirkam Manik Swarovski
Perhiasan merupakan hal yang wajib dikenakan oleh pempelai wanita dalam upacara pernikahan  terutama untuk menghiasi rambut mereka salah satu perhiasan tersebut adalah sirkam manik swarovski. Pernikahan merupakan suatu penyatuan dua insan manusia yang berbeda dalam satu ikatan suci, selain itu juga penyatuan dua keluarga besar dari sang pengantin laki-laki maupun perempuan. Sebuah pernikahan sendiri biasanya selalu diselenggarakan dengan sebuah pesta baik secara besar nan megah maupun secara sederhana dan kecil. Oleh sebab itu, dalam acara sakral penuh makna tersebut sudah menjadi suatu kewajiban bahwa setiap orang harus mengenakan busana terbaik mereka, perhiasan terbaik dan juga berdandan secara istimewa.

Kesederhanaan Sirkam Manik Swarovski
Kesederhanaan Sirkam Manik Swarovski

Kesederhanaan Sirkam Manik Swarovski
Kesederhanaan Sirkam Manik Swarovski

Kesederhanaan Sirkam Manik Swarovski
Kesederhanaan Sirkam Manik Swarovski

Material, peralatan dan cara membuat
Seperti perangkat perhiasan pernikahan lainnya, sirkam mempunyai nilai yang sangat penting bagi dandanan keseluruhan sang mempelai perempuan. Bukan hanya kalung, gelang atau cincin saja yang merupakan perhiasan pengindah pengantin ada perhiasan-perhiasan ringan yang terkadang terlupakan namun menjadi hal yang sangat penting. Contoh perhiasan yang kecil namun penting adalah sirkam rambut yang akan menghiasi rambut sang mempelai wanita selama upacara pernikahan dan juga pesta pernikahannya. Sirkam rambut dapat terbuat dari apa saja mulai kebanyakan dari plastic atau logam ringan dengan hiasan yang beranega ragam pula. Hiasan pada sirkam biasanya terbuat dari batu mulia seperti berlian, safir atau ruby, selain dari batu mulia ada pula hiasan sirkam yang terbuat dari manik-manik seperti sirkam manik Swarovski.
Material untuk pembuatan sirkam manik Swarovski cukup mudah didapat di pasaran yaitu sirkam berwarna bening, 16 buah manik Swarovski 5301 6 mm, dan juga 2 x 50 cm kawat lapis silver 0.6 mm. Peralatan yang digunakan dalam membuat sirkam manik Swarovski ini juga cukup mudah didapat yaitu round nose silver, wire cutter, dan flat nose plier. Cara pembuatannya juga tergolong cukup mudah dan hanya dengan 6 cara pembuatan.

Cara pertama adalah tentukan terlebih dahulu tengah sirkam. Kemudian buat 2 lilitan pada bagian tengah sirkam, lanjutkan dengan membuta batang setinggi 4 cm dan lanjutkan di tempat yang sama dengan batang 3,5 cm. Kedua adalah mengisi satu celah antara sisir sirkam dengan 2 batang manik Swarovski. Ketiga, bawa kawat ke celah antara di sebelah kanan. Buat 2 batang lain dengan ketinggian 3.5 dan 3 cm. Langkah keempat adalah ulangi langkah ke tiga ke celah di sebelahnya ketinggian 3 dan 2.5 cm dan sebelahnya lagi dengan ketinggian sama. Kelima, tutup rangkaian dengan 2 lilitan dan selipkan sisa kawat pada sirkam. Terakhir adalah ambil kawat lainnya dan buat cara serupa ke sisi sebelah kiri, maka akan terbentuk sirkam manik Swarovski cantik dan siap mengiasi rambut pengantin 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kesederhanaan Sirkam Manik Swarovski

0 comments:

Post a Comment