Friday, April 24, 2015

Kesederhanaan Tusuk Konde Swarovski

Kesederhanaan Tusuk Konde Swarovski
Perhiasan merupakan salah satu yang wajib dikenakan oleh pengantin wanita dalam upacara pernikahan salah satunya adalah tusuk konde mutiara Swarovski. Pernikahan merupakan suatu penyatuan dua insan manusia yang berbeda dalam satu ikatan suci, selain itu juga penyatuan dua keluarga besar masing-masing pengantin. Sebuah pernikahan sendiri biasanya selalu diselenggarakan dengan sebuah pesta baik secara besar maupun secara sederhana dan kecil. Oleh sebab itu, dalam acara sakral penuh makna tersebut sudah menjadi suatu kewajiban bahwa setiap orang harus mengenakan busana terbaik mereka, perhiasan terbaik dan juga berdandan secara istimewa.

Kesederhanaan Tusuk Konde Swarovski
Kesederhanaan Tusuk Konde Swarovski

Kesederhanaan Tusuk Konde Swarovski
Kesederhanaan Tusuk Konde Swarovski

Kesederhanaan Tusuk Konde Swarovski
Kesederhanaan Tusuk Konde Swarovski


Material, peralatan, dan cara membuat
Di pasaran memang banyak sekali perhiasan yang diperjual belikan mulai dari yang sederhana hingga tergolong rumit dan mewah. Harga perhiasan di pasaran pun tak main-main mulai dari harga yang bisa terjangkau hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Perhiasan pengantin pun juga sudah beragam dan di jual di pasaran, namun tidak semua perhiasan cocok dengan gaun atau selera pengantin maka dari itu lebih baik perhiasan pengantin dibuat dan dikerjakan sendiri karena lebih hemat dan akan sesuai selera, namun semua itu tergantung dengan waktu dan juga kemampuan. Salah satu perhiasan pengantin yang bisa dibuat sendiri adalah tusuk konde mutiara Swarovski.
Material pembuat tusuk konde adalah 10 cm + 10 cm kawat lapis silver 0.6 mm, 3 mutiara Swarovski 6 mm, 2 manik mutiara 4 mm, dan terakhir adalah tusuk konde bening. Untuk peralatannya sendiri tergolong mudah dan hanya ada dua yaitu chain nose plier dan flat nose plier. Semua bahan tersebut dapat didapat di toko-toko aksesoris perhiasan dan juga kerajianan tangan.
Ada tujuh cara pembuatan tusuk knde mutiara Swarovski, pertama tempatkan 1 mutiara Swarovski pada pertengahan kawat 20 cm lalu tahan dan lakuakn 2 pilanan. Kedua buat batang bercabang di kiri dan kanannya dengan menggunakan 2 mutiara Swarovski 6 mm lain. Langkah ketiga membuat tusuk konde tersebut adalah satukan kawat, posisikan pada tengah tusuk konde dan tahan. Keempat kawat sebelah kanan dililitkan pada tusuk konde ke sebelah kanan dan rapatkan, lakukan juga pada kawat sebelah kiri ke arah kiri. Selanjutnya, ambil kawat 10 cm, masukan satu manik mutiara 4 mm di tengah, ikat ke belakang bercabang. Kemudian bawa kawat kembali ke depan masukan manik 4 mm dan bawa kembali kebelakang. Terakhir bawa kawat ke bawah dan kembali mengitari tusuk konde.

Catatan dalam pembuatan tusuk konde mutiara Swarovski adalah dapat membuat sendiri tusuk konde dengan menggunakan kawar 0.8 mm atau 1 mm. Dan juga memvariasikan susunan manik-manik pada tusukan konde tersebut. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kesederhanaan Tusuk Konde Swarovski

0 comments:

Post a Comment