Tuesday, February 10, 2015

Kilau Bias Cahaya Warna-Warni Berlian



Kilau Bias Cahaya Warna-Warni Berlian
Ketika membahas tentang batu permata pasti tak akan ketinggalan untuk membahas tentang berlian atau di Indonesia lebih dikenal dengan intan. Banyak batu mulia atau batu permata yang sering tersemat pada perhiasan-perhiasan, bahkan semuanya terlihat indah juga berkilauan. Bukannya mudah untuk mengambil permata tersebut dari dasar bumi kecuali mutiara, belum lagi pengolahan yang cukup sulit. Dibutuhkan waktu yang lama untuk membentuk suatu permata hingga menjadi mata pada suatu perhiasan. Permata yang sering digunakan adalah berlian, safir, zambrud, mutiara, hingga ruby. Berlian hingga detik ini menjadi populer dikalangan masyarakat sebab keindahan pancaran cahaya dari sisi-sisinya.
Permata berlian dengan keindahannya\

Dee Beers Centenary Diamond
Dee Beers Centenary Diamond



Berlian merupakan mineral yang berbentuk Kristal. Berlian sangat dikagumi karena kemampuan fisika yang istimewa terutama factor kekerasaannya dan juga kemampuannya untuk mendispresikan cahaya yang membuat berlian primadona dalam dunia perhiasan. Ada beberapa pertambangan berlian di dunia beberapa diantranya adalah di Afrika tengah dan selatan dengan kualitas yang terbaik. Baru-baru ini juga ditemuakan berlian dengan kualitas baik di beberapa Negara yaitu Kanada, Rusia, Brasil, dan Australia. Lebih dari 130 juta karat atau 26 ribu kg berlian ditambang setiap tahunnya, dengan jumlah lebih dari 9 miliar dollar Amerika. Selain itu hampir empat kali berat berlian yang digunakan untuk proses intan sintetik (synthetic diamond). 

The Hope Diamond
The Hope Diamond


Synthetic Diamond adalah teknik cutting/ pemotongan dibuat menggunakan teknologi bukan proses geologis seperti intan alami. Berlian sintetis biasanya disebut sebagai Berlian CVD yang merupakan jenis metode pembutannya yaitu chemical vapor deposition. Pada tahun 1940 pembuatan berlian sisntesis secara sistematis dilakukan dibeberapa Negara yaitu Amerika Serikat, Swedia, dan Uni Soviet dengan sistem CVD. Sifat kekerasan, konduktivitas termal dan mobilitas elektronya bahkan melebihi berlian alami. Berlian CVD untuk perhiasan diproduksi dengan berbagai warna seperti putih jernih, kuning, coklat, biru, jingga dan hijau. Meningkatnya peredaran berlian sintesis membuat kekhawatiran pada para pedagang berlian hingga terciptanya alat khusus yang digunakan untuk membedakan berlian sintesis dan asli.
Berlian deangan harga selangit
 
berlian Koh-I-Noor
berlian Koh-I-Noor

Ada lima berlian termahal di dunia, berlian dengan peringkat terbawah adalah Dee Beers Centenary Diamond yang dibandrol dengan harga 100 juta dollar Amerika atau setara dengan 970 miliar rupiah. Berlian keempat adalah The Hope Diamond yang berharga 350 juta dollar Amerika setara 3,4 miliar rupiah. Berlian dengan harga mahal ketiga adalah The Cullinan dengan harga 400 juta dollar setara 3,9 triliun rupiah. Berlian nomer 2 adalah The Sancy Diamond dengan kadar 55,23 karat dan tidak ternilai hargannya. Berlian terakhir yang paling mahal adalah berlian Koh-I-Noor milik kerajaan Inggris harga yang tak ternilai dan tak dapat diperkirakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kilau Bias Cahaya Warna-Warni Berlian

0 comments:

Post a Comment