Tuesday, February 10, 2015

PESONA AKIK SANG PRIMADONA PERMATA



PESONA AKIK SANG PRIMADONA PERMATA
Perkembangan fashion terutama aksesoris di Indonesia sangat pesat. Salah satu yang paling disukai adalah perhiasan berupa cincin terutama untuk para kaum wanita, biasanya kaum wanita menyukai cincin terbuat dari emas baik kuning maupun putih dengan batu permata sebagai matanya seperti berlian. Dewasa ini bukan hanya kaum wanita yang tertarik untuk mengunakan cincin namun para kaum adampun banyak yang menggunakan perhiasan tersebut, namun bukan berlian yang menjadi mata cincinnya tapi berupa batu akik salah satu batu permata yang belakangan ini diminati.
 
Safir
Safir
Batu akik telah digunakan oleh berbagai kalangan baik dari pengusaha sampai para selebritis Indonesia. Mereka tidak segan-segan merogoh kocek yang cukup dalam untuk mendapatkan cincin dengan batu akik idaman. Beberapa tahun yang lalu batu akik hanya digunakan oleh para orang tua saja namun sekarang para remaja ikut serta menggunakan batu permata tersebut. Permintaan akan batu yang terbentuk dari mineral geologi ini meroket tajam dan menyebabkan harga jual melejit tajam. Penigkatan ini membuat para penjual mendapatkan keuntungan dengan sangat besar bahakan ada yang mencapai hingga puluhan juta rupiah.
Indonesia patut bangga karena menghasilkan batu akik kualitas terbaik di dunia yaitu batu jemis idocrase yang berasal dari aceh. Selain idocrase, batu akik yang paling populer di kalangan kolektor maupun penghobi adalah batu bacan asal Indonesia yang ditemukan di Halmahera Selatan, Maluku Utara. 

 
Safir
Safir
Salah satu batu mulia/akik yang terhitung mahal adalah safir, safir diminati di Indonesia maupun di Negara-negara lain. Sayangnya harga yang terlampau mahal menyebabkan tidak semua orang mampu memilikinya. Safir memiliki banyak variasi warna seperti biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan, dan ungu. Selain batu bacan dan safir para penghobi dan kolektor juga melirik batu mulia lain seperti zambrud, ruby, topaz, opal (kalimaya), sungai dareh, dan kecubung (amethyst). Beberapa batu akik juga diperoleh dari dasar perut bumi Indonesia maka patut bangga masyrakat Indonesia karena produksi perut bumi Indonesia dapat menarik minat para kolektor dari Negara lain. Sayang sekali tidak semua batu akik dapat dibeli oleh kolektor asal Indonesia padahal batu-batu tersebut sangat istimewa dan juga indah dan produk local asli pribumi.
 
Safir
Safir

Permintaan yang tinggi namun barang yang tak mencukupi membuat beberapa orang mencari keuntungan dengan menjual batu akik palsu. Banyak orang yang belum dapat membedakan antara batu asli dan palsu hingga mereka tertipu jutaan bahkan hingga milyaran rupiah. Ada beberapa cara untuk mendeteksi apakah batu itu palsu atau asli, salah satunya dengan menempelkan batu di pipi terasa dingin dan tidak cepat panas berarti batu tersebut asli.   

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PESONA AKIK SANG PRIMADONA PERMATA

0 comments:

Post a Comment