Tuesday, February 10, 2015

Safir Beserta Keindahan Pancarannya



Safir Beserta Keindahan Pancarannya
Semua wanita di dunia ini pasti sangat menyukai hal indah terutama perhiasan. Perhiasan bukan hanya sebagai aksesoris semata namun juga menunjukan strata sosial dalam kalangan masyarakat. Perhiasan yang terbuat dari emas baik kuning maupun putih, perak, atau titanium banyak menjadi incaran kaum hawa. Harga perhiasan menjadi sangat tinggi dengan adanya batu mulia yang menjadi mata perhiasan. Semakin indah batu mulia yang tertanam di perhiasan semakin mahal harga perhiasan tersebut. Salah satu batu mulia yang berharga dan mempunyai harga cukup tinggi adalah safir.

 
Batu safir
Batu safir
Warna-warna safir dan fungsinya
Safir memiliki bermacam-macam warna seperti biru, merah jambu, hijau, hingga hitam. Aluminum oksida atau korumdum merupakan bentuk tunggal dari batu safir. Safir banyak digunakan untfuk berbagai keperluan yaitu komponen optic inframerah atau permukaan pada jam. Batu safir yang terkenal dan berharga mahal adalah batu safir Sri Langka atau sering disebut dengan batu safir Ceylon. Dengan warna yang biru cerah Safir Ceylon merupakan safir kualitas terbaik di dunia. 


Batu safir
Batu safir

Harga safir di Indonesia dan dunia
Ada beberapa warna safir yang menjadi kegemaran masyarakat luas terutama di Indonesia. Pertama adalah batu safir ungu atau sering disebut dengan Natural Purple Sapphire dan di Indonesia sendiri dibandrol dengan harga 1,5 juta hingga 2 juta rupiah. Safir kedua adlaah safir hijau dengan kualitas yang cukup baik dan dibandrol dengan harga 5 juta hingga 7 juta rupiah. Safir selanjutnya adalah safir hitam atau sering disebut dengan Black Star Sapphire dan dibandrol dengan harga 2 juta rupiah. Dan yang paling indah adalah safir dengan dua warna juga yang sering disebut dengan Natural Bi-Color dijual dengan harga 2 juta rupiah. Ada juga Blue Sapphire yang di bandrol dengan harga fantastis yaitu 99 juta rupiah.

 
Batu safir
Batu safir

Di dunia harga safir memang sangat tinggi bahkan bisa dibandingkan dengan harga berlian. Salah satu berlian termahal di dunia adalah Queen Marie of Romania’s Sapphire yang berasal dari Sri Langka. Safir ini sangat istimewa karena merupakan safir yang bersejarah dan terbesar di dunia. Pada bulan November tahun 2014 lalu, Blue Belle of Asia dari Sri Langka memecahkan rekor dengan harga jual tertinggi yaitu 17,6 juta dollar/ Amerika atau setara dengan 214 miliar rupiah. Safir dengan 392,52 karat ini dilelang oleh Rumah Lelang Christie’s yang diperkirakan dimenangkan oleh salah satu kolektor asal Arab Saudi. Rumah Lelang Christie’s melalukan lelang di Jenewa, Swiss berhasil menjual satu blok koleksi perhiasan dengan harga 152,67 juta dollar/ Amerika dan melebihi lelang tahun lalu yaitu koleksi berlian mendiang Elizabet Taylor hanya 116 juta dollar/ Amerika.


Batu safir
Batu safir

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Safir Beserta Keindahan Pancarannya

0 comments:

Post a Comment