Thursday, February 26, 2015

Perangkai Cantik Untuk Perhiasan



Perangkai Cantik Untuk Perhiasan
Selain manik-manik, material yang harus digunakan dalam pembuatan perhiasan pernikahan adalah bahan perangkai perhiasan itu sendiri. Pernikahan khususnya di Indonesia sendiri selalu diselenggarakan dengan sebuah pesta baik secara besar maupun secara sederhana dan kecil. Oleh sebab itu, dalam acara sakral penuh makna tersebut sudah menjadi suatu keharusan bahwa setiap orang harus mengenakan busana terbaik mereka, perhiasan terbaik dan juga berdandan secara istimewa. Dalam kultur masyarakat Indonesia sendiri sebuah pernikahan adalah hal yang paling ditunggu oleh seluruh keluarga besar. Penyatuan dua insan manusia yang berbeda dalam satu ikatan suci, selain itu juga penyatuan dua keluarga besar masing-masing pengantin.

Perangkai  Perhiasan
Perangkai  Perhiasan

Macam-macam material perangkai perhiasan

Ada beberapa perangkai perhiasan pernikahan, bahkan material perangkai ini banyak digunakan untuk semua jenis perhiasan sehari-hari. Pemilihan bahan perangkai yang tepat membantu untuk mendapatkan desain yang diinginkan dan juga dapat memperpanjang usia perhiasan. Bahan perangkai yang paling umum adalah benang sutra dan benang nylon atau poliamid. Selain itu bahan lain yang juga sering digunakan adalah kawat tembaga berlapis perak dan beading ware (kawat berlapis nylon).

Perangkai perhiasan pertama adalah rantai. Biasanya agar perhiasan pernikahan bertahan lama harus memilih rantai yang terbuat dari perak ataupun rantai perak yang berlapis emas. Dimensi lingkaran dalam yang terbentuk dari rantai biasanya minimal 2 mm bila ingin memasangkan bandul pada rantai tersebut.

Bahan perangkai perhiasan yang kedua adalah kawat pelapis perak yang merupaak kawat inti tembaga berlais perak. Dimensi yang digunkaan biasanya adalah 0.4, 0.6, dan juga 0.8 mm. Untuk memotong kawat berlapis perak ini harus menggunakan wire cutter. 

Perangkai perhiasan ketiga adalah memory wire atau lebih dikenal dengan kawat baja. Memory wire ini memiliki bentuk lingkaran yang stabil dan kawat ini akan kembali ke bentuk semula bila direnggangkan. Untuk dapat memotong memory wire harus menggunakan memory wire shears atau patahan kawat berganti-ganti ke kiri dan ke kanan hingga patah. Untuk penyelesaian ujung memory wire bisa menggunakan bentuk loop pada masing-masing ujung atau dengan memasangkan manic khusus berlubang satu. 

Bahan keempat adalah kawat baja berlapis nylon yang merupakan kawat khusus yang dibuat untuk keperluan membuat aksesori. Kawat ini terdiri dari tali-tali baja halus dan dijalin dengan sedemikian rupa kemudian dilapisi dengan nylon. Semakin banyak tali bajanya maka akan semakin fleksibel kawatnya dan tidak akan mudah patah ataupun tertekuk. Untuk memotong kawat jenis ini maka harus digunakan pemotong kawa (wire cutter).

Bahan perangkai perhiasan terakhir adalah tali sutra. Tali sutra dibuat dari kepompong ulat sutra yang dipanaskan dan menghasilkan serat-serat yang dapat dipintal menjadi benang ataupun menjadi kain.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perangkai Cantik Untuk Perhiasan

0 comments:

Post a Comment