Saturday, February 21, 2015

Perhiasan Perak Putih dan Berkilap



Perhiasan Perak Putih dan Berkilap
Perak merupakan satu dari beberapa hasil tambang yang digunakan sebagai bahan dasar perhiasan. Dewasa ini perhiasan bukan hanya sebagai aksesoris semata namun telah menunjukan  suatu strata sosial dalam kalangan masyarakat. Perhiasan yang terbuat dari emas baik kuning maupun putih, perak, atau titanium banyak menjadi incaran kaum hawa. Perhiasan yang sering digunakan oleh para perempuan adalah perhiasan terbuat dari emas dan perak. Karena perhiasan jenis tersebut mudah dicari dan juga termasuk murah dan dapat dibeli oleh seluruh lapisan masyarakat walau tak menutup kemunkinan bahwa jenis lain juga telah menjamur di lapisan masyarakat.

Perhiasan Perak
Perhiasan Perak



Perhiasan Perak
Perhiasan Perak

Perhiasan Perak
Perhiasan Perak

Perak
Perak merupakan unsure kimia yang memiliki lambang Ag atau Argentum dalam bahasa latin dengan nomor atom 47 dalam tabel periodic. Perak adalah logam transisi lunak, putih dan juga mengkilap. Perak juga memiliki konduktivitas listrik dan juga panas tertinggi dari seluruh logam dan juga terdapat mineral dalam bentuk bebas. Perak sering digunakan untuk perhiasan, koin, dan juga dalam fotografi. Seperti emas, perak juga merupakan salah satu logam mulia.
Perak tergolong logam mulia sebab tidak mengalami proses korosif tetapi perak mengalami proses oksidasi. Untuk proses oksidasi pada perak dapat mengakibatkan lapisan kehitaman pada permukaan perak yang sering disebut dengan tarnish. Namun proses oksidasi ini tidak mengakibatkan kerusakan-kerusakan pada unsur-unsur yang terdapat pada perak dan berbeda dengan proses korosi pada logam besi (Fe).

Perhiasan dari perak
Sama halnya perak dan emas sebagai logam mulia, perak juga merupakan bahan dasar sebuah perhiasan seperti halnya emas. Perak perhiasan biasanya lebih ringan daripada emas. Untuk perhiasan perak biasanya dipalipsi dengan unsur lain yang lebih tahan terhadap oksidasi seperti unsur Rhodium. Lapisan Rhodium ini perhiasan perak menjadi tahan oksidasi serta penampilannya akan lebih berkilau.
Dewasa ini perhiasan perak tak kalah bersinar dari perhiasan jenis lain seperti emas. Harga perhiasan perak sendiri kini telah mencapai harga yang lumayan tinggi, sebab selian logam yang tidak mudah dicari juga sulitnya membuat suatu kerajinan dari perak. Penghasil dan pengrajin perak yang terkenal dengan kualitas bagus di Indonesia adalah Kota Gedhe Yogyakarta. Di Kota Gedhe hampir seluruh pelosok gang dan jalanan terdapat toko-toko dan galeri kerajinan perak. Kerajinan yang dibuat mulai dari anting-anting, cincin, gelang, kalung, hingga aksesoris perabot. Harga yang ditawarkanpun mulai dari puluhan ribu, ratusan ribu, hingga jutaan rupiah bahkan ada yang mencapai hingga puluhan juta rupiah. Hampir semua pengrajin disana masih menggunkaan cara pengolahan perak secara tradisional.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perhiasan Perak Putih dan Berkilap

0 comments:

Post a Comment