Friday, April 24, 2015

Merjan Batu Merah yang Istimewa

Merjan Batu Merah yang Istimewa
Merjan (coral) merupakan batu permata yang telah digunakan selama berabad-abad lamanya akibat dari endapan di dalam laut dan telah menjadi simbol bagi para penduduk pribumi suatu daerah. Di antara beribu-ribu jenis mineral yang terserak di bumi, hanya ada beberapa ratus yang tergolong jenis yang langka, tahan lama, dan juga indah atau malah memiliki kombinasi dari ketiga unsure tersebut sehingga harganya menjadi mahal. Dahulu mineral-mineral tersebut dibedakan menjadi dua macam yaitu batu mulia (precious stones) seperti berlian, miraah, dan zamrud dan juga batu mulia tanggung (semi-precious stones) seperti biduri bulan, zircon, dan akik. Sebetulnya pembedaan seperti ini tidak niscaya dibutuhkan karena pada umumnya mineral relative memiliki kualitas keindahan dan daya tahan tinggi, serta dapat dipakai sebagai perhiasan yang disebut permata (gemstones).  Walau bukan sejenis batu mulia yang sering dipergunakan sebagai perhiasan namun kecantikan dan kualitas merjan (coral) tak diragukan lagi, dan merupakan salah satu dari permata laut yang indah selain mutiara (pearl) tentunya.
Merjan Batu Merah yang Istimewa
Merjan Batu Merah yang Istimewa

Merjan Batu Merah yang Istimewa
Merjan Batu Merah yang Istimewa

Merjan Batu Merah yang Istimewa
Merjan Batu Merah yang Istimewa


Batu merjan (coral)
Penduduk asli Amerika mengasosiasikan merjan (coral) sebagai Darah Ibu Pertiwi dan sangat populer sebagai batu kesuburan. Menurut kepercayaan yang telah berkembang di daerah tersebut, batu merah merjan (coral) ini dapat menguatkan fungsi organ reproduksi perempuan dari beberapa proses regenerasi jaringan-jaringan yang telah rusak. Maka tak heran jika batu merjan (coral) ini juga memperoleh sebutan sebagai batu perempuan atau women stone. Sesungguhnya merjan bukanlah jenis batu namun melainkan berupa gumpalan belulang dari satu koloni polip (polyps) laut yang sangat halus. Untuk batu merjan (coral) yang memiliki warna merah tua sering diberi nama dengan oxblood dan untuk batu merjan (coral) yang berwarna merah jambu sering disebut dengan nama angelskin. Meskipun warna merjan tidak terbatas hanya pada warna merah jambu atau merah saja sebab ada pula merjan (coral) yang berwarna putih dan juga hitam. Merjan (coral) yang pada umumnya dipakai sebagai perhiasan adalah jenis merjan (coral) yang berwarna merah (corallium rubrum).
Walaupun batu merjan (coral) cukup lunak untuk diolah dengan alat pemotong logam biasa dan harus dihindari dari terpaan panas yang efsesif, batu merjan (coral) masih cukup kuat untuk dikenakan sebagai sebuah perhiasan. Perhiasan yang terbuat dari merjan (coral) yang paling terkenal adalah berasal dari Italia dan suku-suku pribumi di sebelah barat laut Amerika. Selain tempat-tempat tersebut merjan juga dapat ditemukan di sekitar Laut Tengah, wilayah Jepang dan juga wilayah Laut China Selatan. Merjan (coral) hitam secara khusus dapat diperoleh di kawasan Hawaii. Di Indonesia sendiri menurut beberapa sumber terdapat merjan yang berlimpah ruah di sekitar perairan Indonesia.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Merjan Batu Merah yang Istimewa

0 comments:

Post a Comment